Tips Mencari Perundang-undangan di Internet

Bismillah…
Mau sharing lagi ah, boleh kan? boleh donk…hehehe

Jadi begini ceritanya (kayak apaan aja!),
Jadi tadi pagi saya buka FB dan ngeliat status2 temen2 saya di dinding,
nah pas saya baca satu2 ada salah satu teman saya yang nulis d FB salah satu dosen mata kuliah undang-undang saya di kampus,
dan kebetulan saya tidak ngambil mata kuliah itu :D,
secara garis besar dia bilang gini “pak kok PP no 20 tahun 2009 tentang impor unggas saya gak dapet ya? jadi gimana nih pak?”.

Nah dari situ saya penasaran tentang apa sih isi PP tersebut?
saya searching aja langsung web kepunyaan depkumham karena biasanya PP atau UU yang sudah dikeluarkan ada di databasenya depkumham.
Setelah saya masuk langsung menuju halaman database perundang-undangan yang telah diterbitkan, maka saya mendapatkan PP no 20 tahun 2009, tapi saya baca judulnya dan melihat isinya kok bukan tentang impor daging unggas yah?! berarti ada yang salah ini.
Saya cari lagi, barang kali bukan PP mungkin tapi UU, saya cari di bagian UU juga sama, ada UU no 20 tahun 2009 tapi isinya bukan yang saya inginkan.
Dari situ saya mencoba searching di om google tentang undang2 ini, dengan kata kunci “no 20 tahun 2009 impor unggas” maka saya dapatkan bahwa itu bukan undang2 tapi permentan.
Oalah, pantesan aja dari tadi saya ubek2 situs depkumham ga dapet2..
Ternyata yang benar adalah Permentan no 20 tahun 2009 tentang impor unggas. langsung saja saya buka situs deptan dan saya menemukan permentan tersebut.

Maka dari cerita diatas saya bisa memberi tips kepada teman2 yang sedang mencari sebuah undang2 untuk tugas kalian:

  1. Pastikan perundang-undangan (UU,PP,Perpu,Permen,dll) yang kalian cari sudah tepat namanya. contoh UU no ## tahun **** tentang xxx.
  2. Apabila yang kalian cari perundang-undangan yang dikeluarkan Pemerintah bersama DPR (misal:UU,PP,Perpu,dll) maka kalian bisa mencarinya di situs www.depkumham.go.id cari di bagian perundang-undangan.
  3. Kalo kalian cari peraturan yang dikeluarkan oleh kementrian maka bisa di buka situs masing-masing departemennya, dalam kasus di atas saya mencarinya di situs departemen pertanian (www.deptan.go.id)
  4. Bagi dosen atau guru kalau memberi tahu informasi yang jelas dan benar ke siswa atau mahasiswanya, karena siswa/mahasiswa anda mencatat ilmu yang keluar dari mulut anda.
  5. Bagi siswa/mahasiswa sebaiknya lebih kritis lagi terhadap informasi atau tugas-tugas yang diberi oleh guru atau dosen, karena guru dan dosen bukan malaikat yang selalu menyampaikan dengan sebenar-benarnya.

Semoga bermanfaat.:)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

